July 24, 2009

Kelebihan dan Kelemahan Fitur Firefox 3.5

Pagi, kawan2 semua saya mau berbagi cerita nih mengenai Firefox versi terbaru 3.5 yang saya pakai di kantor, cerita saya awali dari kelebihan salah satu browser yang support banget dengan gmail ini.

Mungkin alasan kenapa di luncurkannya versi Firefox 3.5 ini oleh Mozilla dikarenakan untuk memperbaiki fitur Manajemen Memori firefox di versi sebelumnya yaitu 3.25. Di versi sebelum 3.5 Firefox memang memakan banyak memori pada saat awal dijalankan jika saya lihat melalui task manager di windows sekitar 70.000 K (70 Mb). Bayangkan jika si pengguna komputer hanya mengggunakan satu keping memori yang besarnya cuma 128 Mb kemungkinan komputer akan berefek sedikit lemot untuk menjalankan program yang lain secara bersamaan. Nah untuk itulah Mozilla mengeluarkan di versi terbarunya yaitu Firefox 3.5 manajemen memori yang lebih baik sehingga jika anda yang menginstall firefox versi ini tidak akan memakan memori yang terlalu besar dibandingkan versi sebelumnya, selain itu juga dalam hal kecepatan akses suatu situs dapat diandalkan kecepatannya di bandingkan browser yang lain.

Tetapi, celakanya dibalik manajemen memori yang sudah lumyan baik dibandingkan versi sebelumnya masih ada celah yang cukup terlihat. Salah satu contohnya apabila anda sedang membuka banyak situs secara bersamaan dalam satu browser dengan multiple tab dalam Firefox dan anda coba close firefox, program akan memunculkan pesan "Do You Want Firefox to save your tabs for the next time it starts ?" dari pesan tersebut bisa diketahui bahwa " firefox meminta apakah anda ingin menyimpan tabs yang dibuka pada saat firefox dijalankan kembali lain waktu" dan jika anda memlih tombol save and quit di message box tersebut, orang awam seperti saya ini pasti akan berfikir bahwa situs yang telah saya buka dengan multiple tabs pasti akan di simpan oleh firefox dan jika saya menjalankan sekali lagi firefox maka situs yang telah saya buka sebelumnya akan tampil tanpa harus mengetik link situs tersebut di address bar kembali kan...?? tapi ternyata tidak seperti itu karena yang akan anda dapatkan adalah firefox akan tampil bersih sama sekali seperti kita sudah melakukan clear private data di menu tollsnya firefox.

Dari contoh pengalaman yang saya dapatkan di atas tentu saja menurut saya itu merupakan bug yang besar dan menurut saya Mozilla harus segera membenahi masalah tersebut, Bagaiman dengan anda silahkan berbagi pengalamannya dengan mengisi di link komentar posting saya ini.

Yup, walau bagaimanapun saya akan tetap memakai firefox dikarenakan masih terdapat banyak kelebihan2 yang lainnya walaupun masih ada kelemahannya karena sesuai pepatah Tidak Ada Yang Sempurna Di Dunia Ini selain Tuhan YME.

Oh, ya untuk kawan2 yang kesulitan mengambil Mozilla Firefox 3.5 melalui situs resminya bisa download di link ini

http://www.ziddu.com/download/5746343/FirefoxSetup3.5.exe.html

No comments:

Post a Comment

Please..Comments This Post